adress

Minggu, 21 Oktober 2012

Pengelompokkan musik!



Pengelompokkan musik menrut aliran ........

Secara umum, musik di kelompokkan menurut kegunaannya yakni musk seni, musik klasik, musik populer.

1.   Musik seni (ART MUSIC)
Musik ini sering dijuluki jenis musik kontemporer yang merupakan jenis musik yang mengacu pada teori bentuk musik klasik Eropa/jenis musik etnik daerah lainnya. Musik ini diambil sebagai dasar komposisinya. Tokoh komponis Indonesia yang menciptakan musik jenis ini antara lain :
1.    Amir Pasaribu
2.  Tri Suci Kamal
3.  Slamet Abdul Syukur
4.  Rahayu Supanggah
5.  Otto Sidharta
6.  Tony Prabowo
7.   Michael Asmara
8.   I Wayan Sadre
9.  Iwan Gunawan
10. Doddy Satya E
11.  Gustdiman



2. Musk klasik
Musik klasik lebih dikenal dikalangan Eropa, tapi kadang musik ini juga berasal dari Persia, India, dan lain-lain. Musik klasik mengalami beberapa periode seperti barok, klasik, dan romantik.
Musik klasik Eropa dibedakan berdasarkan dari bentuk musiknya, non-Eropa dan musik populer terutama oleh sistem notasi musiknya. Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual, dan pembawaan tepat suatu karya musik. Keadaan ini membatasi adanya praktik-praktik seperti improvisasi dan ornamentasi ad libitum yang sering didengar pada musik non-Eropa maupun musik populer.
Dahulu musik klasik sering digunakan untuk keperluan lagu di Gereja ataupun untuk pengiringan Raja. Seiring perkembangan zaman, kini mulai bermunculan musik klasik digunakan untuk keperluan lain.      


3. Musik populer
Jenis musik ini sangat digemari banyak masyarakat awam sebab musik ini sesuai dengan zaman sekarang sehingga sesuai ditelinga kebanyakan orang. Ini merupakan genre musik populer antara lain :

a. JAZZ
Musik ini merupakan gabungan dari blues, ragtime, dan musik eropa. Beberapa subgenre dari musik ini antara lain :
1.   Dixieland
2. Swing
3. Bebop
4. Hard bop
5. Cool jazz
6. Free jazz
7.  Jazz fusion
8.  Smooth jazz
9. Caf jazz

b. GOSPEL
Musik ini didominasi vocal dan memiliki tema kristen. Subgenrenya adalah contemporary gospel dan urban contemporary gospel. Musik ini bernuansa mirip aliran Rock n’Roll. Salah satu contoh yang masih menggunakan aliran musik ini adalah Israel Houghton. Jika di Indonesia, musik ini beraliran pop dan Rock yang dipopulerkan  oleh :
1.   Franky Sihombing
2. Giving My Best
3. Nikita
4. True Worshippers
  
c.  BLUES
Musik ini berkembang dari Afrika Barat. Musik ini sangat berpengaruh terhadap musik-musik saat ini seperti :
1.   Ragtime jazz
2. Big band
3. Rhytem and Blues
4. Rock n’Roll
5. Country

d.  RHYTEM AND BLUES
Musik ini disebut juga musik pop kulit hitam (masyarakat Afro-Amerika) yang bukan musik jazz atau blues

e.  FUNK
Musik ini memiliki nada beat groovy yang membuat pendengarnya berdecak mengikuti irama sehingga musik ini sering disamain dengan musik groovy. Musik ini dipelopori musisi-musisi seperti :
1.   James Brown
2. Parliament-Funkadelic
3. Sly and the Family Stone

f.  ROCK
Musik ini diawali sejak tahun 1940-an, waktu itu namanya musik Rock n’Roll yang dipelopori oleh Chuck Berry, Bill Haley, The Beatles, Buddy Holly, dan Elvis Presley. Seiring berkembangnya zaman musik rock berkembang menjadi Progessive Rock yang di pelopori oleh band seperti The Yardbirds dan The Who. Kemudian berkembang lagi menjadi Hard Rock dan Heavy Metal. Akhir tahun 1970-an berkembang musik Punk Rock yang dipopulrkan oleh The Clash, The Ramones dan Sex Pistol. Tahun 1980-an berkembang lagi menjadi Hardcore, Trash Metal, Glam Metal, Death Metal, Black Metal, Grindcore dan underground.

g.  METAL AND HARDCORE
Musik ini terkesan keras, terkadang ada juga slow-nya. Genre musik ini memiliki vocal ala scream, growl dan pigsquel dimana vokalnya lebih banyak menggunakan aliran Hardcore, Post-Hardcore, Screamo, Metalcore, Death Metal, Black Metal, Electronic Hardcore dan lain-lainnya. Contoh band di Indonesia yang menggunakan genre musik ini antara lain Deadsquad, Siksa Kubur, Burger Kill, dan masih banyak yang lainnya, contoh band luar yakni Asking Alexandria, Dimmu Borgir, Canibal Corpse, dan lain-lain.

h.  ELECTRONIC
Pelopor dari musik ini adalah :
1.   John Cage
2. Pierre Schaeffer
3. Karlheinz Stockhausen

i.   SKA, REGGAE AND DUB
Perpaduan musik R&B dan musik tradisional mento dan jamaika disebut SKA, kemudian berkembang menjadi Reggae dan DUB.
  
j.  HIP HOP, RAP AND RAPCORE
Musik ini berasal dari subgenre R&B muncul tahun 1970-an dan 1980-an berembang di pantai timur AS yang disebut East Coast hip hop. Tahun 1992, musik ini juga berkenbang di pantai barat yang dijuluki West Coast hip hop. Jika musik ini digabung dengan musik Heavy Metal menghasilkan Rapcore.

k. POP
Musik ini digemari sekali bagi semual kalangn.
Genre musik ini banyak seperti pop melayu yang sekarang ini disenangi para remaja. Alunan musiknya yang slow membuat para pendengar merasa nyaman saat mendengarnya. Di Indonesia banyak sekali band-band yang menggunakan genre musik ini sampai band ini terkenal di kalangan pecinta musik, seperti Ungu, Noah, Wali, dsb.
  
l.   LATIN
Genre musik tradisonal latin ini musik asli dari Amerika Latin, yakni berada di negara Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Musik ini merupakan subgenre Samba

m. COUNTRY
Musik ini dipengaruhi genre Blues, berkembang dari budaya Amerika berkulit putih. Beberapa artis country seperti Merle Haggard dan Buck Owens.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar