adress

Sabtu, 20 Oktober 2012

Perkembangan musik ...



PERKEMBANGAN MUSIK DI INDONESIA

Musik selalu berkembang dan mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman dan cara berpikir manusia. Manusia sebagai penikmat musik dan sebagai pelaku musik tidak bias memungkiri bahwa music adalah bagian dari keseharian mereka. Dengan music, manusia dapat mengekspresikan dan mengeluarkan isi hati mereka.


Musik mempunyai pengaruh yang penting bagi kehidupan manusia. Salah satu contohnya yakni di Negara Indonesia. Perkembangan music di Indonesia sangatlah pesat, berkembang dan banyak jenis ragamnya mulai dari dangdut, rock, metal, pop, jazz, keroncong, melayu hingga music indie (band yang tidak terikat oelh perusahaan mayor). Keanekaragaman music di Indonesia telah membawa masyarakatnya itu sendiri memiliki sebuah panutan bahkan menjadi kaumnya memiliki sisi fanatisme terhadap group music atau genre music itu sendir, seperti lapisan masyarakat penikmat music pop penikmat music rock,hingga penikmat music indie. Di belantika music Indonesia, ada beberapa  band yang mapu mengambil hati masyarakat Indonesia  sampai luar negeri, baik dalam segi musiknya hingga ke sebuah perjalanan hidup mereka sendiri.





Salah satu contoh band di Indonesia yang dapat mengambil hati orang banyak yakni slank. Slank merupakn band papan atas yang sudah mempunyai nama dibelantika music Indonesia, mereka telah eksis dan hidup hampir 25 tahun di Indonesia dengan semangat jiwa anak muda Indonesia. Warna music mereka khas dan lirik-lirik mereka nakal tetapi sangat realistis. Mereka tidak segan-segan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat dari lapisan kaya, miskin, tua, muda, kaum metropolis hingga kaum masyarakat kumuh di daerah terpencil dan dikemas dengan apik oleh para slankers dalam bentuk music karya mereka sendiri. Banyak permasalahan SOSIAL, POLITIK hingga  EKONOMI yang mereka suarakan lewat lagu-lagu mereka dari tema cinta, patah hati, isu politik, seks, hingga jeritan rakyat kecil pun mereka tuang lewat lirik-lirik mereka ini. Lirik lagu slank terkesan nyeplos jujur seperti lagu –lagu unggulannya yang memperlihatkan sikap pandang semestinya, bebas berekspresi dengan etika  yang layak, mudah dimengerti, kocak dan jauh adri daya tarik kemewahan dan keterikatan manusia modern. Lagu mereka sangatlah unik. Kini slank telah menjelma menjadi sebuah panutan dan gaya hidup bagi para Slankers-nya karena Slank hidup dengan suara yang apa adanya tidak memihak segala genre social masyarakat Indonesia.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar