adress

Kamis, 18 Oktober 2012

sejarah musik ...


Sejarah musik di dunia

Sejak abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi, di Tiongkok  dan Mesir  ada musik yang mempunyai bentuk tertentu. Dari pengaruh Mesir  dan Babilon, berkembanglah musik Hibrani kemudian berkembang menjadi musik gereja. Akhirnya musik itu digemari banyak orang. Musik itu mulai tersebar di benua Eropa kemudian tumbuh berkembang dan musik instrumentalnya kini mulai maju dengan pesat seiring perbaikan alat-alat musik seperti biola dan cello. Para komponis besar pun mulai bermunculan dari Jerman, Perancis, Italia, dan Rusia. Dalam abad ke 19 rasa kebangsaan mulai muncul dan berkembang


·     Perkembangan musik di dunia
Musik sudah dikenal sejak zaman purbakala yang digunakan untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan. Musik saat itu tidak hanya digunakan sebagai keperluan keagamaan saja, tapi juga dipergunakan untuk urusan keduniawian. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi saat abad pertengahan, sebabnya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat. Berikut ini adalah zaman perkembangan musik di dunia , yakni :

1.    Zaman abad pertengahan
Pada abad pertengahan diawali dari Zaman antara berakhirnya kerajaan Romawi (476 M) sampai dengan Zaman Reformasi agama Kristen oleh Marthen Luther (1572M). Perkembangan musik di zaman ini disebabkan oleh terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat sehingga menimbulkan penemuan baru di berbagai bidang termasuk kebudayaan. Perkembangan selanjutnya adalah adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido d’ Arezzo (1050 M). Pelopor Musik pada Zaman Pertengahan adalah :
1.   Gullanme Dufay dari Prancis
2.   Adam de la halle dari Jerman.

2.    Zaman renaisance (1500 – 1600)
Renaisance artinya Kelahiran Kembali tingkat Kebudayaan tinggi yang telah hilang pada Zaman Romawi. Pada zaman ini alat musik Piano dan Organ sudah dikenal, sehingga munculah musik Instrumental. Komponis-komponis terkenal pada Zaman Renaisance diantaranya :
1.   Giovanni Gabrieli (1557 – 1612) dari Italia.
2.   Galilei (1533 – 1591) dari Italia.
3.   Claudio Monteverdi (1567 – 1643) dari Venesia.
4.   Jean Baptiste Lully (1632 – 1687) dari Prancis.

3.   Zaman Barok dan Rokoko
Aliran musik pada zaman pertengahan dan zaman barok dan rokoko mempunyai kesamaan pada sifatnya yakni adanya pemakaian Ornamentik (Hiasan Musik). Bedaannya adalah bahwa musik Barok memakai Ornamentik yang diserahkan pada Improvisasi spontan oleh pemain, sedangkan pada musik Rokoko semua hiasan Ornamentik dicatat. Komponis-komponis pada Zaman Barok dan Rokoko :
a.   Johan Sebastian Bach
Hasil-hasil karyanya yang terkenal yakni :
1.    St. Mathew Passion.
2.    Misa dalam b minor.
3.    13 buah konser piano dengan orkes
4.    6 buah Konserto Brandenburg
b.  George Fredrick Haendel
Hasil-hasil karyanya yang terkenal diantaranya :
1.    Messiah, yang merupakan Oratorio (nama sejenis musik) yang terkenal.
2.    Water Musik (Musik Air).
3.    Fire Work Music (Musik Petasan)

4.   Zaman klasik (1750-1820)
Ciri-ciri Zaman musik Klasik:
1.    Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut, Crassendo dan Decrasscendo.
2.    Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut).
3.    Pemakaian Ornamentik dibatasi
4.    Penggunaan Accodr 3 nada.


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar